TRANSLATE

Search

05 Januari 2011

Mengikuti Pelatihan Operasi Software Baru

Ikut pelatihan software penyusunan laporan BOS di dinas pendidikan ternyata tidak menghasilkan apa-apa. Software yang digadang-gadang bisa membantu bendahara sekolah dalam penyusunan laporan BOS kenyataannya tidak dapat berjalan sesuai harapan. Proses aktivasi yang rumit menyebabkan software sulit digunakan. Pemateri juga kebingungan mengatasi masalah ini. Mungkin karena pemateri hanya bertindak sebagai distributor, sehingga tidak mengetahui secara detil penggunaan software tersebut. 
Dari software yang dijalankan tadi tampaknya memakai  Xammp yang dipadukan dengan Apache dan Mysql. dengan proses yang sangat rumit, harusnya pemateri setidaknya mengetahui tentang pemograman, sehingga jika error sytem bisa dengan cepat memperbaikinya.

Pelatihan yang diikuti oleh guru serentak di Kota Malang yang disebar per kecamatan ditangani secara profesional, sejak dari penyambutan sampai akhir. Hanya saja substansi dari pelatihan ini yang kurang mengena. Banyak teman-teman yang protes sudah jauh-jauh dari sekolah untuk mengikuti pelatihan ternyata tidak mendapatkan apapun. Kalu pelatihan tingkat kota seharusnya dipersiapkan secara profesional dan direncanakan dengan baik jauh-jauh hari, sehingga permaslahan apapun yang akan terjadi bisa diantisipasi dengan baik.
    Jika software ternyata tidak dapat dipergunakan, maka alangkah meruginya sekolah yang telah mengeluarkan dana untuk pembelian software tersebut. Proyek software ini harganya sangat mahal dimana setiap sekolah harus menyisihkan sedikit dana BOS untuk pembelian software ini. Harapan tinggi dinas pendidikan dan sekolah yang bernaung dibawahnya ternyata belum terealisasi dengan baik. Sungguh sangat disayangkan......

Tidak ada komentar:

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Teknologi,sastra, religius,tips trik